Jumat, 09 Januari 2009

Hidup Sehat Lahir Batin

 Rasulullah SAW adalah seorang pribadi yang sehat. Dalam suatu riwayat, diketahui bahwa beliau hanya dua kali sakit sepanjang hidupnya.

 Dalam usia enam puluh tiga tahun, badannya sehat atletis dan kuat. Hidup sehat merupakan hal yang sangat penting.Kalau kita tidak sehat, kita akan kehilangan banyak hal, kehilangan iman dan segala-galanya. Ada lima kiat untuk hidup sehat :

1.
Udara, kalau kita tidak makan, Insya Allah kuat selama lima belas hari. Jikalau tidak minum,insya Allah badan kita akan kuat selama lima hari. Namun apabila kita tidak bernafas, insya Allah hanya bisa bertahan selama dua menit. Karena udara adalah hal yang salah satu faktor yang sangat penting yang bisa menentukan hidup kita sehat atau tidak. Semoga kita bisa menjaga tubuh kita dari udara yang bisa merusak kesehatan. Rokok yang kita ketahui bahwa bisa merusak kesehatan tubuh, di antaranya: penyakit jantung, kanker, impotensi, gangguan janin,dan sebagainya.

Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa satu batang rokok mengandung lebih dari satu trilliun radikal bebas yang apabila kita hisap akan merusak membran- membran sel yang ada di tubuh kita. Hampir dapat dipastikan, bahwa perokok yang mengisi tubuhnya dengan asap rokok, tinggal menunggu waktu.

2.
Air, Rasulullah SAW membagi tiga dari isi tubuhnya, yakni sepertiga pertama isi dari perut nabi adalah makanan, sepertiga yang kedua adalah oksigen, sepertiga yang ketiga adalah air. Setelah diteliti diketahui bahwa tujuh puluh persen (70%) dari tubuh kita adalah air. Banyaklah meminum air yang bersih sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Air zamzam pun setelah diteliti di negara Jepang, bahwa air zamzam merupakan air hexagonal terbaik. Hexagonal ialah bentuk struktur molekul segi enam yang paling bagus dan mudah mengikat oksigen, mineral, dan mudah pula untuk diserap oleh tubuh kita. Yang pada akhirnya membuat sel kita menjadi segar.

3.
Pola makan, Rasulullah SAW apabila beliau makan, akan berhenti sebelum kenyang. Kita makan bukan untuk enak melainkan untuk ibadah. Maka, tubuh kita akan produktif untuk berbuat banyak yang bermanfaat. Mari kita berusaha untuk menjaga tubuh kita dari makanan-makanan yang tidak memberikan manfaat.

Menjaga dari makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, makanan-makanan instant dengan makanan yang mengandung sayuran, buah-buahan, dan menghentikan makan sebelum kita kenyang,serta perbanyaklah shaum. Karena shaum itu menyehatkan. Rasulullah SAW bersabda ” Shaumlah, niscaya engkau akan sehat “. Dalam dunia kedokteran diketahui bahwa ada tiga hal :

meningkatkan hormon kegembiraan, maka akan membantu konsentrasi kita untuk lebih fokus. Daya tahan tubuh akan lebih baik, kekebalan tubuh yang bisa membantu kita untuk tetap sehat. Sel-sel tubuh seimbang, yang akan menghasilkan anti-oksidan yang tinggi. Maka orang-orang yang sering melaksanakan shaum, baik shaum sunnah senin-kamis atau shaum daud maka insya Allah badan kita akan seimbang dan sehat.

4.
Istirahat yang memadai, Baginda tercinta Rasulullah SAW ternyata beliau istirahat setelah shalat isya dan bangun pada sepertiga malam terakhir.

Setelah diteliti bahwa produksi eritrosit atau sel darah merah yang terbaik dibuat sebelum jam dua belas malam. Dengan cepat istirahat dan cepat bangun maka badan kita akan sehat.

5.
Olahraga yang teratur, berolah raga dengan jadwal yang teratur akan membantu mengkondisikan badan kita menjadi fit disertai dengan makanan dan vitamin yang dapat memberikan energi yang diperlukan untuk membantu aktifitas kita sehari-hari.

Lafindri Taniajeng Permatasari
Sepuluh Satu
Dua Puluh Tujuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar